TEKNOLOGI MENGGANTIKAN KITA?

 



TEKNOLOGI MENGGANTIKAN KITA?

Pengkhotbah 9:10


KECERDASAN BUATAN atau AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) sangat mungkin akan segera menjadi sesuatu yang makin MENDOMINASI KESEHARIAN kita di MASA DEPAN.


DiMANA TEKNOLOGI Al bisa MEMBUAT:


- ILUSTRASI atau DESAIN yang cukup IMPRESIF.


- ARTIKEL atau ESAI dalam waktu SEKIAN DETIK saja.


Ya, seperti INTERNET juga pernah membuat kita TERCENGANG karena kita bisa MENCARI BAHAN APA SAJA dan TERKONEKSI dengan begitu MUDAHNYA. 


Seperti KAMERA yang dulu sempat membuat orang TAKUT karena bisa MENYIMPAN GAMBAR DIRI bahkan rekaman gerak-geriknya.


Seperti TEKNOLOGI TRANSPORTASI yang membuat manusia bisa MELESAT dengan KECEPATAN yang sebelumnya TIDAK PERNAH DIBAYANGKAN.


Sama seperti sebelumnya, KEMUNCULAN Al ini membuat banyak orang, khususnya bagi kita yang bergelut di BIDANG yang dapat DIGANTIKAN TEKNOLOGI (DESAIN, KEPENULISAN, dll), menjadi TAKUT dan CEMAS. 


BAGAIMANA jika JASA penulis KONTEN, COPYWRITER, PENULIS NASKAH, atau ILLUSTRATOR lalu DIGANTIKAN TEKNOLOGI?


WAJAR jika PERASAAN seperti itu MUNCUL.


Namun, akan LEBIH BIJAK jika daripada KHAWATIR apalagi MENGELUH, kita melihat fenomena ini sebagai PENGINGAT bahwa di MASA DEPAN, kita memang harus DITUNTUT untuk makin MENINGKATKAN KEMAMPUAN.


TEKNOLOGI seperti Al mengingatkan kita bahwa di MASA DEPAN makin TIDAK ADA TEMPAT untuk HASIL KERJA yang MEDIOKER.


Tapi, sebagaimana hingga saat ini LUKISAN masih tetap ADA (dan DIHARGAI LEBIH MAHAL dibandingkan foto), PENGALAMAN LANGSUNG dan STUDI LAPANGAN tetap PENTING meski ada INTERNET, demikian juga dengan bidang-bidang yang "TERANCAM" oleh KEBERADAAN Al ini.


Meski demikian, keberadaan TEKNOLOGI mau tak mau akan "MENGANCAM" HASIL KARYA yang KURANG BERKUALITAS, yang ASAL JADI, atau yang SETENGAH-SETENGAH.


Oleh sebab itu, KERJAKAN segala sesuatu dengan SEKUAT TENAGA (ay.10).


LAKUKAN semua secara MAKSIMAL, BUKAN SETENGAH-SETENGAH, ASAL JADI, atau KUALITASNYA MEDIOKER.


Ini yang tak bisa DIGANTIKAN TEKNOLOGI SECANGGIH APAPUN, karena BAGAIMANAPUN AKAL BUDI dan KREATIVITAS yang TUHAN ANUGERAHKAN selalu jauh LEBIH BAIK dari HASIL TEKNOLOGI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?