LAYANAN TERBAIK



LAYANAN TERBAIK
Matius 5:40-42

Saat itu saya akan MENUKARKAN baju (salah ukuran) yg barusan dibeli ke butik yg cukup ternama.

Saya sangat KECEWA, karena atas nama kebijakan manajemen, baju yg sudah dibeli TIDAK BISA DITUKARKAN.

LAYANAN butik tersebut BEDA JAUH dengan yg dilakukan Nordstrom, department store TERBESAR di Amerika Serikat.

Inilah toko yg DIKENAL mengutamakan KEPUASAN PELANGGAN di atas segalanya.

Salah satu LAYANAN yg diberikan pelanggan adalah SEMUA CABANG toko Nordstrom di manapun akan MENERIMA PENGEMBALIAN barang dari pelanggan TANPA PERTANYAAN APAPUN.

APAKAH KEBIJAKAN itu DISALAHGUNAKAN?

Tentu saja ada orang-orang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB yg MENYALAHGUNAKANNYA.

APAKAH itu membuat perusahaan RUGI?

Untuk ITEM yg DIKEMBALIKAN tentu saja YA.

Tapi itu TIDAK SEBANDING dengan KEUNTUNGAN yg didapat dari BANYAKNYA ITEM yg TERJUAL karena JAMINAN MUTU tersebut.

Pembeli jadi YAKIN bahwa produk itu SANGAT BAGUS.

Bahkan, STRATEGI itu jadi VIRAL dan menjadi PROMOSI GRATIS.

Nordstrom jadi punya REPUTASI LUAR BIASA di benak pelanggan.

Tak heran kalau Nordstrom begitu MELEGENDA di Amerika Serikat!

STRATEGI yg CERDAS, bukan?

LAYANI pelanggan Anda dengan KUALITAS LAYANAN TERBAIK.

Bahkan, BERSIAPLAH RUGI demi memberikan LAYANAN TERBAIK itu.

Sebenarnya tidaklah tepat jika dikatakan “RUGI”, karena sesungguhnya itu adalah “INVESTASI”.

PRINSIP yg diajarkan YESUS sungguh EFEKTIF jika kita terapkan dalam DUNIA BISNIS, LAKUKANLAH LEBIH dari yg DIHARAPKAN (Matius 5:40-41).

Orang yg BERPIKIR PENDEK, akan menganggap hal itu sebagai KEBODOHAN.

Tapi bagi orang yg BERPIKIR JANGKA PANJANG, itu adalah PELAYANAN yg TIDAK PERNAH SIA-SIA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISA JADI BERHALA

MOMEN SEMPURNA

OMBAK DAN SELANCAR