PALUGADA




PALUGADA

Matius 6:24


PALUGADA (APA LU mau Gua ADA) adalah MODEL BISNIS yg MENYEDIAKAN APA SAJA.


Di masa EKONOMI SULIT sejak pandemi COVID 19 merebak, banyak orang yg MELAKUKANNYA. 


Bahkan beberapa USAHA yg CUKUP MAPANPUN melakukannya.


TOKO ALAT TULIS berjualan MASKER, RENTAL MOBIL membuka PRE ORDER MAKANAN, dsb.


Tentu SAH-SAH saja itu DILAKUKAN.


Di SITUASI yg TIDAK BIASA, tak ada salahnya itu dilakukan agar CASH FLOW tetap BERJALAN.


Tapi, jika ingin MEMBANGUN USAHA yg BERTAHAN LAMA (impian semua pengusaha), sebaiknya kita TIDAK BERKUTAT pada MODEL BISNIS seperti ini.


Tiap BISNIS atau USAHA harus punya IDENTITAS SENDIRI.


Jika membuka RUMAH MAKAN PADANG, tapi kita juga menyediakan GUDEG, PIZZA, dan CAPCAI, bisa dipastikan RUMAH MAKAN Anda TAK AKAN DIREKOMENDASIKAN sebagai penyedia masakan Padang otentik.


PENYANYI yg ingin SUKSES di GENRE MUSIK JAZZ tidak bisa KADANG MEMBUAT ALBUM JAZZ, KADANG DANGDUT, KADANG ROCK, hanya agar DITERIMA LEBIH BANYAK ORANG, atau karena genre musik itu yg sedang digemari.


IDENTITAS atau BRAND dari USAHA yg ingin Anda bangun haruslah SPESIFIK.


TAK ADA USAHA BESAR yg BRANDNYA adalah: kami MELAYANI APA SAJA dan BISA MENJADI APA SAJA.


Meski KEDENGARANNYA itu dapat MENARIK BANYAK ORANG, tapi nyatanya konsumen akan SETIA dan PERCAYA pada BRAND yg punya KUALITAS di BIDANG TERTENTU.


MEMBANGUN USAHA dengan BIDANG yg SPESIFIK memang akan membuat kita MENOLAK KONSUMEN.


PENGUSAHA RUMAH MAKAN PADANG harus MENOLAK konsumen yg mencari GUDEG.


Tapi itulah CARA untuk MEMBANGUN IDENTITAS sebagai PENYEDIA KULINER PADANG.


Kita TAK BISA BERKATA YA kepada KEINGINAN SEMUA ORANG.


Kita TAK BISA MELAYANI DUA TUAN (Mat. 6:24). 


Untuk MEMBANGUN BISNIS yg BAIK dan BERKEMBANG, kita pun harus mau MEMILIH, seperti apa JATI DIRI USAHA kita dan apa SPESIALISASI kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?