RED OCEAN STRATEGY
RED OCEAN STRATEGY
Kejadian 13
Salah satu BUKU LARIS beberapa DEKADE LALU adalah BLUE OCEAN STRATEGY (STRATEGI LAUTAN BIRU) tulisan W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.
BLUE OCEAN STRATEGY (STRATEGI BISNIS yg mana BELUM BANYAK PESAING), untuk MELEPASKAN kita dari sebuah KONDISI yg disebut RED OCEAN (LAUTAN MERAH - KONDISI dimana terjadi PERSAINGAN yg SANGAT KETAT dalam sebuah pasar).
KOMPETITOR BANYAK dan tak jarang terjadi AKSI SALING GEBUK, serta HARGA HANCUR HANCURAN sehingga membuat para pebisnis BERDARAH-DARAH.
BERPIKIR bahwa di LAUTAN BIRU ini TIDAK AKAN mengalami PERSAINGAN KETAT seperti halnya yg terjadi di LAUTAN MERAH.
BLUE OCEAN STRATEGY memang salah satu STRATEGI AMPUH.
Tapi itu terjadi BEBERAPA DEKADE LALU yg mana KEMAJUAN TEKNOLOGI belum seperti sekarang.
Di ZAMAN sekarang, LAUTAN BIRU BISNIS hampir TIDAK ADA.
Kalaupun ADA, biasanya itu BISNIS yg TINGKAT KEUNTUNGANNYA RENDAH.
Itu TIDAK AKAN MENARIK PEBISNIS LAIN untuk masuk ke sana.
Kita maunya UNTUNG BESAR, bukan?
Itu bisa terjadi, tapi biasanya dalam WAKTU SINGKAT PEBISNIS LAIN yg "MENCIUM" AROMA KEUNTUNGAN di BLUE OCEAN itu, langsung ramai-ramai TERJUN ke LAUTAN BISNIS itu dan menjadikannya RED OCEAN.
Lalu APAKAH BERBISNIS di SAMUDERA MERAH pasti BERDARAH-DARAH dan ujung-ujungnya RUGI?
TIDAKLAH SELALU DEMIKIAN.
Lihat saja PEDAGANG PASAR yg mana SALING BERSAING, tapi mereka tetap BAIK-BAIK saja, bukan?
Bahkan, dimana ada LAUTAN MERAH (PERSAINGAN KETAT) biasanya BANYAK IKAN (KONSUMEN) ada di sana, sebab KONSUMEN akan MEMBELI di tempat yg harganya kompetitif.
Yg PENTING BUKAN APAKAH kita berada di LAUTAN BIRU atau LAUTAN MERAH, tapi BAGAIMANA kita BIJAK, CERDAS, dan KREATIF dalam MENJALANKAN BISNIS kita.
Komentar
Posting Komentar