TUJUAN YANG JELAS



TUJUAN YANG JELAS
Kisah Rasul 9:1-19

Misal di suatu seminar, saya sebagai pembicara bertanya, “SIAPA yg ingin LEBIH BANYAK UANG?”

Anda pun MENGACUNGKAN TANGAN.

Saya pun MEMBERI Anda UANG sebesar Rp. 10.000,-

Dalam hati Anda berpikir, kok CUMA Rp. 10.000,- ?

Lalu saya bertanya, “APAKAH Anda PUAS?”

Anda pun menjawab, “TIDAK, saya ingin LEBIH!”

Maka saya pun segera MEMBERI Rp. 1.000,- lagi!

Anda lagi-lagi TERHENYAK, kok HANYA Rp. 1.000,- ?

Masalahnya, bukan saya yg terlalu pelit tapi Andalah yg TIDAK JELAS dalam MEMINTA!

Jika ingin dapat LEBIH BANYAK UANG, bukankah dengan MEMBERI Anda Rp. 10.000,- itu berarti Anda sudah punya LEBIH BANYAK UANG?

Jika ingin LEBIH dari itu, bukankah dengan MEMBERI Anda Ro. 1.000,- berarti Anda sudah dapat LEBIH dari itu?

Saya tidak mengajak Anda untuk menjadi SERAKAH.

Saya hanya mengajak Anda untuk memiliki TUJUAN dan TARGET yg JELAS.

Jika ditanyakan TUJUAN HIDUP kepada peserta seminar, terlalu sering JAWABAN KLISE yg didapatkan, terlalu UMUM, dan TIDAK JELAS.

Kebanyakan dari mereka menjawab, ingin BERHASIL, SUKSES, LEBIH KAYA, dsb.

Itu JAWABAN STANDAR!

Harusnya kita sudah memiliki TUJUAN yg JELAS dan BENAR-BENAR SPESIFIK.

Seperti ketika kita MENENTUKAN sebuah TUJUAN dalam sebuah PERJALANAN.

Kita tidak hanya menyebut propinsinya, atau nama kotanya saja, tapi juga ALAMAT yg harus DITUJU!

RENCANA TUHAN itu sangat JELAS.

Ketika TUHAN menyuruh Ananias untuk MEMBIMBING Saulus yg baru saja mengalami perjumpaan dengan TUHAN.

TUHAN menyuruh Ananias pergi ke jalan yg bernama JALAN LURUS, dan pergi ke rumah Yudas yg dari Tarsus (ay. 11).

Sangat JELAS dan DETAIL!

Seperti itulah halnya ketika kita MENETAPKAN sebuah TUJUAN.

Jika TUJUAN kita JELAS, lebih mudah bagi kita untuk MENCAPAINYA.

TUJUAN yg JELAS akan membuat kita FOKUS, TERARAH, dan MENGERAHKAN segenap ENERGI dan UPAYA untuk melakukan sesuatu yg MENGARAH pada TUJUAN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?