SUDUT PANDANG ORANG LAIN

 


SUDUT PANDANG ORANG LAIN

Lukas 6:30-31


Pakar marketing Art Mortell menceritakan hal yg menarik, "Saya suka BERMAIN CATUR. Setiap kali saya KALAH, saya selalu BANGKIT dan BERDIRI DI BELAKANG LAWAN SAYA serta MELIHAT papan catur DARI SUDUTNYA. Lalu saya mulai MENEMUKAN LANGKAH-LANGKAH BODOH yg telah saya LAKUKAN karena saya MELIHATNYA DARI KACAMATA SAYA. TANTANGAN TENAGA PENJUALAN adalah MELIHAT DUNIA DARI SUDUT PANDANG KONSUMEN."


Inilah KESALAHAN FATAL yg KERAP DILAKUKAN oleh banyak TENAGA PENJUAL.


Kita MELIHAT segala sesuatu MENURUT KACAMATA KITA SENDIRI dan TIDAK BERUSAHA MEMAHAMI bagaimana SUDUT PANDANG KONSUMEN.


BAGAIMANA jika saya mengatakan bahwa DURIAN itu BUAH TERENAK DI DUNIA?


Tentu saja TIDAK SEMUA ORANG SETUJU dengan PENDAPAT SAYA itu.


Seandainya SAYA SUKA DURIAN, BUKAN BERARTI BUAH DURIAN itu PASTI ENAK untuk SEMUA ORANG.


FAKTANYA, BANYAK ORANG SANGAT ANTI DURIAN, bukan?


BAGAIMANA jika seorang TENAGA PENJUAL MEMAKSAKAN PANDANGANNYA dan PENDAPATNYA yg PALING BENAR kepada KONSUMEN?


Tentu TENAGA PENJUAL seperti ini TIDAK AKAN MENDAPATKAN BANYAK TRANSAKSI!


LIHATLAH SEGALA SESUATU dari SUDUT PANDANG ORANG LAIN.


Jika kita seorang TENAGA PENJUAL, selalu TEMPATKAN DIRI KITA dalam POSISI MEREKA. 


BAGAIMANA jika saya sebagai KONSUMEN: 

- Hanya diberikan JANJI-JANJI ANGIN SURGA saja? 

- DICUEKI dan TIDAK DILAYANI dengan BAIK? 

- Saya diperlakukan BAK RAJA SEBELUM TRANSAKSI, namun SETELAH TRANSAKSI saya diperlakukan seperti RAKYAT JELATA?


Jika sebagai KONSUMEN kita TIDAK MAU mendapat PERLAKUAN SEPERTI ITU, seharusnya sebagai TENAGA PENJUAL kita TIDAK MELAKUKAN HAL-HAL SEPERTI ITU kepada KONSUMEN.


YESUS mengajar kita, "Dan sebagaimana kamu KEHENDAKI supaya orang PERBUAT KEPADAMU, PERBUATLAH juga demikian kepada MEREKA." (Luk. 6:31).


Hanya dengan bisa MENEMPATKAN DIRI sebagai KONSUMEN, kita bisa MEMAHAMI apa yg benar-benar DIBUTUHKAN dan DIHARAPKAN KONSUMEN dari kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?