MEMBANGUN REPUTASI
MEMBANGUN REPUTASI
Keluaran 18:13-27
SEBUTKAN 5 RUMAH MAKAN di kota Anda yang paling RECOMMENDED?
WARGA dari SATU KOTA yang SAMA pun mungkin akan memberi JAWABAN BERBEDA-BEDA.
Ada yang akan menyebut RUMAH MAKAN yang menyajikan HIDANGAN KHAS dari kotanya.
Ada yang akan menyebut RUMAH MAKAN yang PALING MEWAH, atau yang INTERIORNYA ESTETIK, atau yang HIDANGANNYA PALING ENAK atau yang punya KENANGAN KHUSUS untuk dirinya pribadi, dsb.
Setiap RUMAH MAKAN itu punya KELEBIHAN dan KEKHASANNYA MASING-MASING.
Dan mereka jelas punya REPUTASI yang BAIK sehingga DIREKOMENDASIKAN orang.
Ada RUMAH MAKAN yang meski TEMPATNYA KECIL, bahkan terbilang JADUL dan MENUNYA TERBATAS, tapi begitu TERKENAL dan selalu DIDATANGI BANYAK ORANG.
Itulah yang sering TERJADI di DUNIA BISNIS.
Sering kali, REPUTASI itu TERBANGUN BUKAN karena kita bisa MEMENUHI KEBUTUHAN SEMUA ORANG atau MEMUASKAN SEMUA ORANG.
Tapi justru ketika kita MEMILIH TARGET yang SPESIFIK dan MEMBERIKAN yang TERBAIK untuk mereka, maka REPUTASI sebagai yang TERBAIK akan MUNCUL
MEMBANGUN REPUTASI BAIK perlu STRATEGI.
Salah satunya adalah dengan memiliki PASAR yang SPESIFIK seperti ini.
Mungkin ini seperti MENGURANGI POTENSI KONSUMEN, tapi MANA yang LEBIH KITA PILIH: BANYAK KONSUMEN tapi SEBAGIAN BESAR MENGELUH, atau KONSUMEN LEBIH TERBATAS tapi SEMUA PUAS?
PASAR yang SPESIFIK LEBIH MEMUDAHKAN kita MENGELOLANYA.
Kita juga jadi LEBIH TAHU APA yang KONSUMEN BUTUHKAN.
Memang TUJUAN UTAMA NASIHAT Yitro kepada Musa adalah agar Musa TIDAK KELELAHAN mengadili perkara jutaan orang Israel, tapi ini juga MENOLONG orang Israel sendiri agar PERKARA mereka bisa DIADILI dengan LEBIH BAIK.
Baik Musa maupun orang Israel pun SAMA-SAMA UNTUNG.
PASAR yang SPESIFIK TIDAK SELALU BERARTI JUMLAH yang SEDIKIT.
PERCAYALAH jika REPUTASI kita BAIK, maka kita TIDAK AKAN PERNAH KEKURANGAN PELANGGAN.
Namun jika REPUTASI kita BURUK, maka KONSUMEN yang dulu banyak datang pasti akan BERKURANG dan BERKURANG.
Komentar
Posting Komentar