WORKPLACE = WORST PLACE?
WORKPLACE = WORST PLACE?
1 Petrus 2:11-25
TEMPAT KERJA lebih sering diasosiasikan dengan TEKANAN dan STRES.
Uniknya, survei juga mendapati bahwa TAK BISA BEKERJA juga adalah salah satu hal yg PALING DITAKUTI ORANG.
ARTINYA, BANYAK ORANG TAKUT TAK BISA BEKERJA, tapi juga BENCI berada DI TEMPAT KERJA.
Bukan hanya FASILITAS di TEMPAT KERJA yg membuat ORANG NYAMAN atau TAK NYAMAN, tapi SUASANA KERJA juga menentukan.
SURVEI BUSINESS INSIDER menghimpun CIRI TEMPAT KERJA yg TAK HANYA BURUK, tapi bisa BERPENGARUH BURUK bagi MENTAL PEKERJANYA.
1. KOMUNIKASI BERMASALAH.
Entah ANTAR REKAN KERJA/BAGIAN, dari ATAS ke BAWAH, BAWAH ke ATAS, LUAR ke DALAM atau SEBALIKNYA, KOMUNIKASI BURUK bisa berupa KURANGNYA KOMUNIKASI LANGSUNG (selalu memakai perantara), KEBIJAKAN yg BERLAKU TANPA SOSIALISASI, INFORMASI TIDAK UTUH atau malah KELIRU, hingga TAK ADANYA KOMUNIKASI.
2. INKONSISTENSI.
Khususnya dalam PENERAPAN ATURAN dan PROSEDUR.
Yg satu berkata BOLEH yg lain berkata TIDAK, hari ini DILARANG besok DIIZINKAN, si A BOLEH tapi si B diberi SANKSI, pada akhirnya itu akan membuat pekerja berpikir, “MASA BODOH ah, pokoknya aku..”
3. PEMIMPIN yg TIDAK BISA DIPERCAYA, MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI, dsb.
4. KOMUNIKASI NEGATIF.
Di mana-mana pembicaraannya hanya berisi KELUHAN, SARKASME, GOSIP, KESINISAN, KEBENCIAN, yg hanya menimbulkan KETIDAKPERCAYAAN.
5. PEKERJAAN itu BERDAMPAK NEGATIF terhadap FISIK, EMOSIONAL, SPIRITUAL, dan HUBUNGAN.
Tak hanya pikiran jadi STRES, tapi juga sering SAKIT, SULIT TIDUR, orang terdekat pun merasa Anda “BERUBAH” (MUDAH MARAH, MURAM, SINIS, dll).
PINDAH KERJA tentu bisa jadi SOLUSI.
Tapi, kita juga diingatkan bahwa PRINSIP HIDUP yg KUAT (ay. 11), INTEGRITAS (ay. 12), tetap HORMAT pada OTORITAS (ay. 13), KASIH (ay. 17) dan KESABARAN (ay. 23) sambil BERHARAP pada ALLAH, akan membuat kita MENANG.
Komentar
Posting Komentar