MEDIA YANG TEPAT



MEDIA YANG TEPAT
Amsal 25:11

Kesan saat mendengarkan LIRIK sebuah LAGU DIBACAKAN akan BEDA dibanding jika DINYANYIKAN.

Naskah drama jika DIBACA (dalam hati), beberapa halaman saja sudah BOSAN.

Tapi jika DIBACAKAN aktor dengan EKSPRESI yg PAS, itu akan jadi MENARIK.

Pasangan MENGIRIM SURAT tulisan tangan kepada kita, menyatakan TERIMA KASIH karena Anda sudah jadi PASANGAN yg BAIK.

MENERIMA SURAT seperti itu rasanya BEDA dibanding jika ia MENYAMPAIKAN lewat WhatsApp.

Dalam BERKOMUNIKASI, saat ini kita punya banyak sekali MEDIA yg bisa digunakan.

Tapi, kita harus ingat bahwa TIAP MEDIA punya KARAKTERISTIK sendiri.

SALAH MEMILIH MEDIA, KESAN yg diterima orang bisa BERBEDA.

Ada PESAN yg COCOK disampaikan lewat EMAIL, ada yg COCOK disampaikan lewat SURAT.

Ada yg SESUAI jika dibicarakan lewat TELEPON, ada yg LEBIH BAIK jika BERTEMU LANGSUNG.

Ada yg PAS disampaikan lewat MEDSOS, ada yg LEBIH COCOK memakai MEDIA MASSA.

Ada yg COCOK jika DITULIS, ada yg LEBIH COCOK jika DIPRESENTASIKAN di depan forum.

Ada yg LEBIH PAS jika DIBICARAKAN EMPAT MATA, ada yg LEBIH SESUAI DIBICARAKAN di RAPAT TERBUKA.

“PERKATAAN yg diucapkan TEPAT pada WAKTUNYA adalah seperti buah APEL EMAS di pinggan perak.” (Ams. 25:11).

Dalam bahasa aslinya, kata “TEPAT pada WAKTUNYA” ini tak hanya bicara tentang waktu saja, tapi juga KONDISI dan LINGKUNGAN yg TEPAT.

MEDIA yg TEPAT juga menghasilkan PENERIMAAN dan RESPONS yg TEPAT.

Dalam hal KOMUNIKASI dengan klien, rekan, atasan/bawahan, dalam hal MENYAMPAIKAN PESAN perusahaan kepada konsumen (iklan, pengumuman, dsb), dan dalam KOMUNIKASI apapun, PASTIKAN kita MEMILIH CARA yg TEPAT, khususnya yg BERFOKUS pada SI PENERIMA.

TIDAK SEMUA CARA yg CEPAT pasti TEPAT, TIDAK SEMUA CARA yg CANGGIH pasti EFEKTIF, dan PERASAAN (baik kita maupun lawan bicara) juga SAMA PENTINGNYA dengan PESAN yg kita SAMPAIKAN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISA JADI BERHALA

MOMEN SEMPURNA

OMBAK DAN SELANCAR