KOMUNIKASI YANG MENGHORMATI

 



KOMUNIKASI YANG MENGHORMATI

Amsal 15:1-4


HARAP BAYAR DENGAN UANG PAS!


BACA CAPTION SEBELUM MEMESAN!


Itu contoh TULISAN di TEMPAT USAHA atau di MEDIANYA.


Beberapa bahkan LEBIH KERAS.


"BACA DESKRIPSI, JADILAH PEMBELI CERDAS!"


ARTINYA, jika calon pembeli LUPUT MEMBACA DESKRIPSI, maka dia TIDAK CERDAS, bahkan (maaf) BODOH.


BAGAIMANA rasanya jika kita hendak MEMBELI sesuatu lalu kita disebut BODOH oleh seorang PENJUAL?


Memang KESAL rasanya menghadapi pembeli yg MASIH saja MENANYAKAN hal-hal yg sudah DITULIS JELAS di depan.


Apalagi jika ia tetap KOMPLAIN karena SALAH MENGERTI sistem yg kita pakai, yg SUDAH kita TULIS di depan.


Tapi, kita juga harus INGAT bahwa itu semua adalah ATURAN yg kita BUAT SENDIRI.


TIDAK ADA ORANG yg:

- DIPENJARA karena TIDAK MEMBAYAR dengan UANG PAS.

- DIPROSES HUKUM atau harus dibawa ke DOKTER karena TIDAK MEMBACA DESKRIPSI PRODUK di toko online Anda.


Tentu saja, di SETIAP TEMPAT memang ada ATURAN dan pemilik usaha juga BERHAK MEMBUAT ATURAN/PROSEDUR tertentu. 


Namun, HARUSKAH kita BERSIKAP KASAR terhadap konsumen hanya demi MENEGAKKAN ATURAN yg kita BUAT SENDIRI? 


BUKANKAH ada CARA PENYAMPAIAN yg LEBIH BAIK dan SOPAN?


Kita selalu bisa membuat KETERANGAN yg LEBIH JELAS, yg lebih MENGHORMATI KONSUMEN, atau yg membuat mereka TERSENYUM daripada merasa DIRENDAHKAN.


PERKATAAN PEDAS hanya membuat MARAH, tapi UCAPAN yg LEMAH LEMBUT MEREDAKAN KEGERAMAN.


APAKAH KONSUMEN MARAH yg kita INGINKAN? 


Atau kita ingin jadi SOLUSI dari KEBUTUHAN KONSUMEN, termasuk KEBUTUHAN untuk DILAYANI dengan BAIK dan RAMAH?


KOMUNIKASI yg JELAS dan penuh HORMAT BUKAN hanya LEBIH EFEKTIF tapi juga akan membuat konsumen TIDAK LEKAS MENYALAHKAN kita saat terjadi KESALAHAN (baca ay. 4 - BIS).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?