APA YANG ANDA JUAL?
APA YANG ANDA JUAL?
Filipi 2:4
Di sebuah PERUSAHAAN PERALATAN RUMAH, para SALES dan MARKETINGNYA selalu DIINGATKAN bahwa. "Anda TIDAK MENJUAL BOR, tapi Anda MENJUAL LUBANG."
MAKSUDNYA adalah konsumen LEBIH PEDULI pada MANFAAT yang bisa diberikan produk mereka, dan BUKAN pada APA saja FITUR, BAHAN, atau TEKNOLOGI yang dipakai.
Orang MEMBELI BOR karena ingin MEMBUAT LUBANG dengan MUDAH, CEPAT, RAPI, dan SESUAI KEINGINAN mereka.
Maka, yang lebih harus DITONJOLKAN saat MENJUAL adalah MANFAAT, HASIL, dan NILAI yang bisa diberikan oleh produk.
Yang LEBIH PENTING bagi konsumen adalah, BISAKAH PRODUK itu memberikan SOLUSI atas MASALAH mereka dengan LEBIH BAIK, CEPAT, dan TEPAT?
JUALLAH MANFAAT, BUKAN FITUR.
Demikian JARGON POPULER di DUNIA PEMASARAN.
Namun, belakangan itu TIDAK LAGI CUKUP.
Di tengah PERSAINGAN saat ini, nyatanya makin banyak produk MEMBERIKAN MANFAAT yang SAMA.
Karena itu, LEBIH dari sekadar MENJUAL MANFAAT, untuk menjadi MARKET LEADER, kita juga perlu MENJUAL hal-hal berikut.
1. JUALLAH DAMPAK.
Ketika orang ingin MEMBELI SEPATU, misalnya, JELASKAN BAGAIMANA MENGENAKAN SEPATU itu bisa BERDAMPAK BESAR bagi si PEMBELI.
Karena itu, SALES perlu MENGENAL CUSTOMER agar APA yang ia SAMPAIKAN TEPAT SASARAN dan KEBUTUHAN mereka TERJAWAB.
2. JUALLAH PENGALAMAN.
MANFAAT TIDAKLAH SAMA dengan HASIL.
APAKAH MANFAAT SESUAI dengan HASIL yang didapat, itulah PENGALAMAN.
PENGALAMAN BURUK adalah ketika MANFAAT yang diberikan TIDAK MEMBAWA HASIL seperti yang DIHARAPKAN, demikian pula SEBALIKNYA.
Seorang PENJUAL harus bisa membuat CALON KONSUMEN yakin jika mereka akan mendapat PENGALAMAN POSITIF saat menggunakan produknya.
Jika dalam KESEHARIAN saja kita diminta MEMERHATIKAN APA yang orang lain BUTUHKAN (Flp. 2:4), apalagi dalam MENJUAL, bukan?
Komentar
Posting Komentar