HASIL DIDIKAN

 



HASIL DIDIKAN

Amsal 4:1-27


Dalam buku KAIDAH EMAS untuk PARA PROFESIONAL, John. C Maxwell bercerita soal teladan ayahnya, sejak ia masih kecil, “Ayah MENGAJAR saya untuk memperlakukan orang lain SEBAIK MUNGKIN, bahkan ketika mereka TIDAK MEMPERLAKUKAN saya dengan BAIK.”


Sang ayah tak hanya memberikan DIDIKAN berupa TEORI, tetapi melalui KETELADANAN dalam TINDAKAN.


Suatu ketika ayahnya diminta PENDAPAT mengenai orang yg secara pribadi TIDAK MENYUKAI ayah John.


BUKANNYA berkata-kata mengenai KEBURUKAN orang itu, ayah John Maxwell justru berkata: “Kupikir ia seorang PRIA yg BAIK.”


Menariknya, ketika ayahnya DIBERI TAHU bahwa orang itu kerap berkata-kata BURUK tentangnya, ayah John malah berkata: “Anda menanyakan PENDAPAT saya TENTANGNYA, BUKAN  PENDAPATNYA TENTANG DIRI SAYA.”


Suatu TELADAN HIDUP dan DIDIKAN dari sang ayah membuahkan TEKAD dalam diri John C. Maxwell untuk MELAKUKAN HAL SERUPA, SEMAMPU yg dapat ia LAKUKAN.


Sebagian besar kitab Amsal berisi tulisan Salomo, orang yg tak hanya dikenal PALING BERHIKMAT, tapi MENDAPAT AJARAN dari AYAHNYA mengenai berbagai PRINSIP KEHIDUPAN yg begitu BERHARGA (baca Amsal 4).


Bagi kita para PEMIMPIN, kita dapat MEMPERLAKUKAN para karyawan atau anggota tim kita SEPERTI peran SEORANG AYAH terhadap ANAKNYA.


Secara berkala, kita dapat memberi AJARAN dan DIDIKAN yg tak hanya DIPERLUKAN dalam BEKERJA, tetapi dapat diterapkan dalam KEHIDUPAN PRIBADI dan KELUARGA juga, berlandaskan KEBENARAN FIRMAN TUHAN tentunya.


PERCAYALAH bahwa HASIL dari AJARAN dan DIDIKAN yg Anda LAKUKAN TAKKAN PERNAH SIA-SIA.


Semua itu akan menjadi WARISAN yg BERHARGA, yg kelak bahkan dapat DITERUSKAN kepada GENERASI PENERUS dari orang-orang yg Anda KASIHI.


Kita MENABURKAN sebuah BENIH KEHIDUPAN yg BERNILAI KEKAL!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?