IDE BESAR
IDE BESAR
Yohanes 6:1-15
BUKANLAH yang PERTAMA di dunia:
- FACEBOOK membuat MEDIA SOSIAL.
- GOOGLE sebagai MESIN PENCARI.
- SOICHIRO HONDA, orang yang membuat SEPEDA MOTOR.
- RAY CROC (yang menjadikan McDonalds waralaba makanan cepat saji terbesar), pembuat HAMBURGER dan FRENCH FRIES.
Sebelum mereka MUNCUL, APA yang mereka BUAT dan JUAL sudah BANYAK ada di PASARAN.
ARTINYA, sudah ada KOMPETITOR di BIDANG TERSEBUT (bahkan banyak yang sudah BESAR dan MAPAN).
Kadang orang masih menganggap IDE BESAR itu harus berupa sesuatu yang benar-benar ORIGINAL, yang TAK ADA KOMPETITORNYA, karena BELUM ADA yang MELAKUKAN SEBELUMNYA.
Ketika akan MEMBUKA USAHA, banyak orang RAGU bisa BERHASIL karena merasa sudah BANYAK BISNIS SERUPA, bahkan beberapa adalah USAHA BESAR.
TAKUT dianggap MENGEKOR, TAKUT menghadapi PERSAINGAN, TAKUT sudah KALAH LANGKAH, dst.
ALASAN-ALASAN seperti itu kerap dipakai untuk MUNDUR SEBELUM MELANGKAH.
Namun KENYATAANNYA, PERUSAHAAN-PERUSAHAAN yang kini MEMIMPIN di bidangnya tadi juga BUKAN PIONIR dan PENCIPTA.
Justru jika SUDAH ADA PERUSAHAAN LAIN, setidaknya Anda TIDAK USAH SUSAH PAYAH MENGENALKAN MANFAAT PRODUK Anda ke masyarakat.
Itu SUDAH DILAKUKAN KOMPETITOR Anda.
Adanya KOMPETITOR juga bisa dilihat sebagai TANDA bahwa IDE Anda bisa DIJALANKAN dengan BAIK.
KEBERHASILAN sebuah IDE tidak selalu yang MUNCUL PERTAMA, tapi lebih ditentukan dari BAGAIMANA IDE itu DIEKSEKUSI dan DITAMPILKAN.
Sesungguhnya, orang pun selalu MENCARI MANA PRODUK atau BISNIS yang MEMBERI SOLUSI KEBUTUHAN mereka.
Jadi, daripada MUNDUR karena orang lain sudah MEMULAI BISNIS atau MEMBUAT PRODUK SAMA dengan yang hendak Anda BUAT, PELAJARILAH APA yang DIBUTUHKAN MASYARAKAT, TAMPILLAH KE DEPAN, TUNJUKKAN PRODUK Anda bisa MEMENUHI KEBUTUHAN itu dengan NILAI KEBAIKAN.
INGAT, SAAT para murid memikirkan DARI MANA UANG untuk MEMBELI MAKAN RIBUAN orang, si anak kecil MAJU MEMBERIKAN 5 ROTI dan 2 IKAN.
Memang SEDIKIT, tapi KONTRIBUSINYA NYATA dan dari situlah MUKJIZAT TERJADI!
Komentar
Posting Komentar