MINORITAS



MINORITAS
1 Daniel 6

Film "HIDDEN FIGURES" yg diangkat dari KISAH NYATA ini mengisahkan kiprah 3 WANITA KULIT HITAM di industri penerbangan luar angkasa Amerika Serikat (NASA) pada 1960an.

Saat itu, keadaan benar-benar TIDAK MEMIHAK pada warga kulit hitam.

Mereka dianggap sebagai WARGA KELAS DUA.

Mereka hanya boleh menggunakan TOILET yg DISEDIAKAN KHUSUS untuk warga kulit hitam.

Untuk keperluan minum pun, dispenser bahkan disediakan TERPISAH, lengkap dengan label “COLOURED” (untuk kulit berwarna).

Tapi meski demikian, ketiga wanita tersebut masing-masing menjadi WANITA KULIT HITAM PERTAMA yg memiliki PERAN PENTING dan JABATAN/PROFESI BERGENGSI di NASA.

Meski menjadi MINORITAS dan mendapatkan TEKANAN LUAR BIASA dari lingkungan yg begitu merendahkan, mereka tetap menunjukkan PERFORMA yg SANGAT BAIK dalam bekerja.

Dalam Alkitab, ada banyak TOKOH MINORITAS yg menuai KESUKSESAN di tempat mereka berada.

Daniel (serta Sadrakh, Mesakh, dan Abednego), Yusuf, dan juga Ester adalah ORANG-ORANG MINORITAS.

Meski demikian, mereka tahu APA yg harus DILAKUKAN dan TIDAK MINDER sehingga bisa BERGUNA bagi banyak orang dengan APA yg mereka MILIKI.

IMAN kita mungkin membuat kita menjadi MINORITAS; ETOS KERJA kita mungkin membuat kita menjadi MINORITAS; WARNA KULIT kita mungkin membuat kita menjadi MINORITAS; KEJUJURAN kita mungkin juga membuat kita menjadi MINORITAS.

Benar bahwa menjadi MINORITAS memang TIDAK PERNAH MUDAH, tapi menjadi MINORITAS juga adalah ANUGERAH, asal kita mampu MEMAINKAN PERAN kita dan menjadi BERGUNA bagi orang lain.

Menjadi BERBEDA (dalam hal yg POSITIF tentunya) bukanlah sebuah KESALAHAN dan tidak seharusnya menjadi BEBAN.

Justru pandanglah ini sebagai sebuah KESEMPATAN BAIK agar orang lain dapat MEMERHATIKAN kehidupan kita, sehingga kita pun dapat menjadi GARAM dan TERANG di tempat kita berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?