APRESIASI



APRESIASI
Filipi 4:10-20

APA yg akan Anda BERIKAN ketika melihat karyawan atau anak buah Anda melakukan sebuah PENCAPAIAN HEBAT, yg sangat BERKONTRIBUSI pada perusahaan Anda?

Banyak pemimpin biasanya MENGUCURKAN BONUS BESAR sebagai kompensasi atas tercapainya target.

Tak dapat dimungkiri bahwa BONUS MATERI (biasanya dalam bentuk uang) bisa menjadi MOTIVASI tersendiri bagi karyawan untuk MENINGKATKAN KINERJANYA.

PENGHARGAAN dalam bentuk BONUS atau KENAIKAN GAJI memang bisa menjadi DAYA DORONG bagi karyawan agar dapat BEKERJA dengan PENUH SEMANGAT.

Bahkan harus diakui bahwa TIDAK ADA SATU pun PERUSAHAAN yg dapat memberikan KEKUATAN BARU bagi karyawan untuk MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS, jika tidak memilki SISTEM KOMPENSASI SALARY yg REALISTIS.

Meski demikian, TEORI HERZBERG yg sudah melakukan penelitian secara mendalam tentang hal ini menunjukkan bahwa yg membuat karyawan PALING TERMOTIVASI untuk MENINGKATKAN KINERJANYA adalah APRESIASI.

SUMBER APRESIASI dapat berasal dari PERUSAHAAN, MANAJEMEN, ATASAN, KLIEN, atau PUBLIK.

Lebih lanjut menurut penelitian yg dilakukan oleh psikolog Frederick Herzberg itu, APRESIASI bahkan memiliki DAYA DORONG yg LEBIH KUAT daripada SALARY!

MENGAPA?

SALARY (GAJI) hanya menyentuh ASPEK LUAR sedangkan APRESIASI bisa MENYENTUH JIWA dan PERASAAN seseorang.

Di akhir surat-surat yg ditulisnya, Paulus selalu MENGUCAPKAN SALAM sekaligus UCAPAN TERIMA KASIH baik kepada jemaat dan rekan pelayanan yg telah membantunya.

Paulus TAHU BAGAIMANA memberikan APRESIASI kepada orang-orang yg telah mendukungnya dalam pelayanan.

Sebagai seorang pemimpin, JANGAN terlalu PELIT memberikan APRESIASI atas apa yg telah DILAKUKAN oleh anak buah kita.

Sekalipun yg mereka lakukan SEDERHANA, tapi karena mereka melakukan dengan SEGENAP HATI dan sudah melakukan UPAYA TERBAIK, tetaplah berikan APRESIASI kepada mereka.

DAMPAKNYA, mereka akan TERDORONG untuk melakukan yg LEBIH BAIK lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?