KEBUTUHAN & KEPEDULIAN
KEBUTUHAN & KEPEDULIAN
Amsal 20:5 (BIS)
Dalam BERBISNIS ada yang namanya KOMPETISI USAHA.
Ada banyak pihak MENJUAL PRODUK atau JASA yang SAMA dengan kita.
KEBUTUHAN KONSUMEN juga bisa BERUBAH dari waktu ke waktu.
Karena itulah, kita butuh MARKETING atau PEMASARAN yang TEPAT.
STRATEGI MARKETING yang TEPAT dengan PRODUK dan KONSUMEN bisa didapat dengan mulai memikirkan DUA HAL.
1. BAYANGKAN APA yang konsumen Anda BUTUHKAN dan PEDULIKAN.
2. PIKIRKAN ALASAN mereka BELUM MENDAPATKAN hal-hal itu.
APA yang DIBUTUHKAN konsumen belum tentu sama dengan APA yang mereka PEDULIKAN.
Ada konsumen yang butuh MAKANAN dan yang DIPEDULIKAN adalah:
- APAKAH MAKANAN itu ENAK atau TIDAK.
- GİZİ di makanan itu.
- Pada ISU LINGKUNGAN (apakah resto mendukung pengurangan plastik, misalnya).
- TAMPILAN MAKANAN maupun INTERIOR RUMAH MAKAN itu karena mereka AKTIF di MEDSOS dan akan menjadikannya KONTEN di MEDSOS mereka.
Jika kita bisa menjawab yang PERTAMA, baru kita MENCARI JAWABAN dari pertanyaan kedua, yaitu APA ALASAN mereka BELUM MENDAPATKANNYA.
Di pertanyaan kedua inilah kita melakukan INOVASI dan MERANCANG STRATEGI yang membedakan kita dengan KOMPETITOR LAIN.
MARKETING akan menjadi HAL yang SULIT jika FOKUS kita hanya pada BAGAIMANA bisa membuat sebanyak mungkin orang MEROGOH KOCEK untuk membeli PRODUK atau JASA kita.
KONSUMEN pun TIDAK SUKA jika Anda HANYA PEDULI pada UANG mereka.
Namun, MARKETING akan lebih mudah jika FOKUS kita adalah pada BAGAIMANA MEMBANTU KONSUMEN MENDAPATKAN KEBUTUHAN mereka dan MEMAHAMI APA yang mereka PEDULIKAN.
MEMAHAMI KONSUMEN ini ibarat MENIMBA SUMUR yang DALAM.
Tapi, jika kita TEKUN, punya PENGERTIAN dan PERHATIAN, maka kita akan bisa MENDAPATKAN HASILNYA.
Komentar
Posting Komentar