BANYAK TANYA TIDAK BELI
BANYAK TANYA TIDAK BELI
Lukas 6:31-36
Inilah TIPE KONSUMEN yg paling DIBENCI para seller.
BANYAK TANYA, MENGHABISKAN WAKTU dan ENERGI kita untuk mendengarkan dan menjawab mereka, tapi akhirnya TIDAK MELAKUKAN TRANSAKSI.
MENGECEWAKAN dan MENJENGKELKAN.
Jika terjadi SESEKALI, itu WAJAR.
Namun, jika itu cukup SERING TERJADI, kita perlu juga BERINTROSPEKSI.
Ada 3 hal yg perlu kita EVALUASI:
1. Jika orang TIDAK SUKA dan TIDAK PERCAYA pada Anda, mereka TAK AKAN MAU BERTRANSAKSI dengan Anda.
APAKAH Anda sudah benar-benar NYAMBUNG dengan mereka sehingga mereka PERCAYA dan NYAMAN BERTRANSAKSI dengan Anda?
2. APAKAH mereka merasa Anda “ANEH”?
Kenyataannya, "NORMAL" itu SUBJECTIF.
Jika bicara pada calon konsumen USIA MATANG dan Anda menyapa mereka “BRO/SIS” atau "GAN", Anda akan dianggap ANEH.
Jika Anda bicara pada konsumen MUDA dan Anda menyapa “PAK/BU”, Anda akan dianggap ANEH.
KUNCINYA adalah, LIHAT CALON KONSUMEN Anda dan IKUTI mereka (1Kor. 9:20-21).
3. APAKAH Anda menganggap konsumen sebagai ALAT MENCAPAI TUJUAN Anda atau Anda juga HADIR untuk MEMBANTU mereka MENCAPAI TUJUANNYA?
Wajar jika Anda punya TUJUAN PRIBADI yaitu MENCARI PROFIT, tapi jika hanya itu tujuan Anda, konsumen akan MERASA DIPERALAT.
"Sebagaimana kamu KEHENDAKI supaya orang PERBUAT kepadamu, PERBUATLAH JUGA DEMIKIAN kepada mereka" (Luk. 6:31).
Inilah PRINSIP PENTING dalam MELAYANI konsumen.
Kita semua ingin:
- BERTRANSAKSI dengan orang yg bisa kita PERCAYA dan membuat kita NYAMAN.
- KOMUNIKASI yg NYAMBUNG dan LANCAR.
- DILAYANI dengan BAIK dan BUKAN sekadar DIINCAR UANGNYA.
Jika kita nyatanya masih BELUM MELAKUKAN 3 HAL ini, JANGAN dulu MARAH karena orang HANYA BERTANYA TAPI TIDAK MEMBELI.
Inilah saat untuk MENGUBAH DIRI Anda.
Komentar
Posting Komentar