KOMUNIKASI EFEKTIF

 



KOMUNIKASI EFEKTIF

Lukas 5:1-11, Yohanes 1:43-48, Amsal 25:11


MANA yang LEBIH MENARIK, MENGUNJUNGI TOKO atau MELIHAT KATALOG?


Mungkin banyak yang merasa DATANG ke TOKO itu LEBIH MENARIK.


Kita bisa BERKOMUNIKASI LANGSUNG dengan si penjual, bisa MEMEGANG LANGSUNG produk yang dijual.


Begitu pun SEBALIKNYA.


PENGUSAHA TOKO ROTI, misalnya, akan LEBIH MUDAH MEMBUJUK konsumen yang ADA di TOKO, karena mereka bisa MENCIUM AROMA ROTI yang MENGGIURKAN. 


Namun, nyatanya itu juga tergantung KEBUTUHAN. 


Ada kalanya MEMBELI LANGSUNG di TOKO LEBIH DISUKAI, tapi kadang kita cukup MELIHAT KATALOG karena LEBIH PRAKTIS dan CEPAT.


FOTO PRODUK, VIDEO REVIEW, dan TESTIMONI PEMBELI juga bisa LEBIH MEYAKINKAN banyak orang.


Sebenarnya yang LEBIH MENENTUKAN adalah CARA PENYAMPAIAN atau KOMUNIKASI kita dalam MENJUAL harus EFEKTIF.


Seth Godin menyebutkan ada 3 HAL yang menentukan KOMUNIKASI bisa EFEKTIF atau TIDAK: 


1. APAKAH kita sudah MENYAMPAIKAN SEMUA INFORMASI yang ada?


INFORMASI BUKAN hanya dari UCAPAN.


Dalam promosi kuliner, misalnya, INFORMASI yang LEBIH PENTING justru BUKAN DESKRIPSI KATA, tapi dari VISUAL (wujud makanan), AROMA, dan tentu saja CITARASA yang dikecap lidah.


PASTIKAN SEMUA INFORMASI yang perlu disampaikan itu bisa DITERIMA.


2. APAKAH kita muncul di SAAT yang TEPAT?


Google dan Meta terus memastikan kita MELIHAT IKLAN SESUAI dengan MINAT kita.


Para pembuat konten tahu MANA JAM-JAM orang LEBIH BANYAK MENONTON TAYANGAN mereka.


Kita juga harus mengerti KAPAN dan DIMANA kita harus BICARA.


3. APAKAH KOMUNIKASI yang kita lakukan bisa menyentuh hingga ke level PERASAAN dan memunculkan RASA PERCAYA?


Di sini kita harus MEMAHAMI TARGET KONSUMEN kita sebelum mulai "MENJANGKAU" mereka.


KOMUNIKASI EFEKTIF ditunjukkan YESUS saat IA MEMANGGIL para murid-NYA.


IA HADIR di SAAT yang TEPAT yaitu saat Petrus GAGAL MENDAPAT IKAN.


IA BICARA dengan mengambil KONTEKS saat itu (PENJALA IKAN dan PENJALA MANUSIA).


IA juga BICARA TERUS TERANG saat MEMANGGIL Natanael dan MENYENTUH HATINYA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?