FUNGSI KERJA YANG TEPAT

 



FUNGSI KERJA YANG TEPAT

1 Korintus 12:12-31


IBM (sudah berumur lebih dari satu abad) adalah salah satu perusahaan yg PALING DIHORMATI DI DUNIA, dengan KEPEMIMPINAN LUAR BIASA, TEKNOLOGI LUAR BIASA, LAYANAN PELANGGAN TERBAIK, SAMBUTAN HANGAT di SEMUA MAJALAH seperti Fortune, Forbes, Business Week.


Tapi siapa sangka tahun 1989 sampai dengan 1991 IBM NYARIS BANGKRUT.


NILAI SAHAMNYA TURUN 80%!


Untuk MENYELAMATKAN perusahaan, maka MANAJEMEN DIROMBAK TOTAL.


Mereka menyewa McKinsey & Company sebagai konsultan bisnis dan DITEMUKAN AKAR PERMASALAHANNYA, bahwa PENJUALAN IBM MEROSOT DRASTIS karena SAKES dan TENAGA MARKETING IBM MENGHABISKAN 75% WAKTU mereka di KANTOR BUKAN di LAPANGAN.


WAKTU mereka justru untuk MENGURUS HAL-HAL yg sifatnya ADMINISTRATIF BUKANNYA TERJUN ke PASAR untuk JUALAN dan MELAYANI PELANGGAN!


Ketika SISTEM KERJA TENAGA MARKETING IBM itu DIBALIK, yaitu BEKERJA di LAPANGAN sebanyak 75% dan di KANTOR sebanyak 25%, PENJUALAN IBM MENINGKAT SIGNIFIKAN!


ATURAN 75/25 tersebut kini DIGUNAKAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN BESAR di seluruh dunia!


JANGAN SALAH TEMPAT! JANGAN SALAH PERAN dan FUNGSI!


TEMUKAN KEKUATAN kita dan JALANKAN PERAN itu dengan MAKSIMAL (baca ay. 31).


TENAGA ADMINISTRATIF biarlah TETAP di KANTOR dan JANGAN PAKSA untuk JUALAN.


Sudah HASILNYA TIDAK SEBERAPA, Anda sebagai pemimpin akan STRES.


BERILAH KEBEBASAN TENAGA KREATIF di perusahaan Anda, BERI RUANG agar KREATIVITAS mereka KELUAR BUKANNYA malah MENGURUNG mereka dengan banyaknya aturan.


PEMIMPIN yg HEBAT:


- TAHU KEKUATAN dan KEKURANGAN KARYAWANNYA dan BAGAIMANA MENEMPATKAN orang tersebut di TEMPAT yg TEPAT.


- Akan MEMBERI RUANG kepada KARYAWANNYA agar bisa BEKERJA MAKSIMAL di TEMPAT yg memang HABITATNYA.


Ini sebenarnya adalah PRINSIP yg SANGAT SEDERHANA, tapi pada KENYATAANNYA TIDAK SEMUA PEMIMPIN MELAKUKANNYA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?