MENGAPA FOKUS?
MENGAPA FOKUS?
Matius 25:14-30
Sebagian pengusaha BERPIKIR, untuk MENJARING MAKIN BANYAK KONSUMEN, kita harus SEDIAKAN SEMUA HAL, MENJADI SEMUA HAL, dan MENJANJIKAN SEMUA HAL.
MENYEDIAKAN KEBUTUHAN, menjadi PERUSAHAAN yang DISUKAI, dan MEMBERI JANJI MENARIK itu BAIK.
MASALAHNYA, kita TAK AKAN BISA MEMUASKAN SEMUA ORANG.
Jadi, LEBIH BIJAK dan LEBIH MASUK AKAL jika bisnis kita FOKUS.
FAKTANYA, jika ingin MEMBELI BAJU BAGUS, orang akan ke TOKO BAJU, BUKAN ke SUPERMARKET (meski ada supermarket menjual pakaian).
PLATFORM MARKETPLACE yang seakan MENJUAL SEMUA HAL pun punya FOKUS.
Ada yang FOKUS ke ORISINALITAS, ada yang FOKUS ke KECEPATAN PENGIRIMAN, ada yang FOKUS kepada KESEHARIAN MASYARAKAT, dll.
FOKUS itulah yang menjadi CIRI KHAS atau IDENTITAS mereka.
FOKUS selalu MENUNTUT KOMITMEN.
Ini yang membuatnya TAK MUDAH.
Banyak orang seperti HAMBA yang MENDAPAT 1 TALENTA.
Jika hanya punya SATU, mereka KHAWATIR jika yang SATU itu GAGAL.
Jadi, mereka inginnya PUNYA BANYAK.
PIKIRNYA, jika yang SATU GAGAL akan masih ADA yang LAIN.
Ini BUKAN BERARTI punya BANYAK USAHA itu IDE BURUK.
Itu BAIK jika kita memang BISA MENGELOLANYA.
Tapi PIKIRKAN juga, jika kita CURAHKAN 100% PERHATIAN kita pada SATU BIDANG USAHA, BUKANKAH kemungkinan usaha itu BERKEMBANG pasti juga LEBIH BESAR dibanding jika kita punya 5 USAHA dan masing-masing hanya akan MENDAPAT 1/5 PERHATIAN kita?
INTINYA bukan BERAPA BANYAK yang kita KERJAKAN, tapi APAKAH kita FOKUS dalam MENGERJAKANNYA.
Komentar
Posting Komentar