KOMUNIKASI BURUK
KOMUNIKASI BURUK
1 Korintus 13:4-7
Menurut RISET Gartner, 70% KESALAHAN di TEMPAT KERJA disebabkan oleh KOMUNIKASI BURUK.
KESALAHAN saat BEKERJA memang HAL yang WAJAR, tapi tentu kita harus BERUSAHA MENGHINDARI.
Karena KOMUNIKASI adalah TINDAKAN SADAR, semestinya kita bisa MENGONTROL BAGAIMANA KOMUNIKASI itu DIJALANKAN.
KOMUNIKASI BURUK biasa terjadi karena 3 hal:
1. KURANG JELAS MENYAMPAIKAN PESAN.
Entah karena BERBELIT-BELIT, KURANG LENGKAP, SALAH BICARA, TIDAK MENJELASKAN KONTEKS, TIDAK MENJELASKAN sesuai PEMAHAMAN SI PENERIMA, dll.
Apalagi jika SI PENERIMA juga TIDAK BERTANYA dan TIDAK MENGKONFIRMASI.
2. PERBEDAAN PERSEPSI.
Kita menyampaikan INFORMASINYA secara LENGKAP, tapi lawan bicara menangkapnya dengan FOKUS SALAH, atau MEMBUAT ASUMSI SENDIRI.
3. GANGGUAN dalam HAL TEKNIS.
Bicara lewat TELEPON dan SINYALNYA JELEK, BERKOMUNIKASI lewat WhatsApp tapi TIDAK JELAS ME-REPLY PESAN yang MANA, atau BICARA LANGSUNG tapi SUARA kita KURANG TERDENGAR, dst.
KOMUNIKASI BURUK sering berkontribusi dalam BANYAK MASALAH di TEMPAT KERJA seperti KESALAHAN CARA KERJA, KONFLIK, PENGAMBILAN KEPUTUSAN yang BERLARUT-LARUT, yang semua itu mengakibatkan MENURUNNYA SEMANGAT dan PRODUKTIVITAS.
BAGAIMANA MENGHINDARI terjadinya KOMUNIKASI BURUK itu?
Dengan mau MENDENGARKAN.
MENDENGARKAN BUKAN hanya tentang DIAM MENYIMAK saat orang lain bicara.
MENDENGARKAN juga:
- Dalam konteks ORGANISASI, tentang MENYEDIAKAN SALURAN yang memungkinkan para personil di perusahaan BISA MENYAMPAIKAN PENDAPATNYA.
- PROAKTIF BERTANYA untuk mendapatkan PEMAHAMAN tentang APA yang sedang TERJADI dan BAGAIMANA orang-orang selama ini MENYIKAPINYA.
Ketika kita mau MENDENGARKAN, itu menunjukkan kita PEDULI, MENGHARGAI, dan menunjukkan kita punya KASIH serta EMPATI kepada ORANG LAIN.
Inilah salah satu BAHASA KASIH yang bisa kita PRAKTIKKAN di TEMPAT KERJA.
MAU MENDENGARKAN membuat orang jadi BIJAK (Ams. 18:13) dan MENGHINDARKAN kita dari KESALAHAN.
MILIKI KESABARAN untuk MAU MENDENGARKAN orang lain, sebab itulah TANDA kita memiliki KASIH (1 Kor. 13:4).
Komentar
Posting Komentar