GIVE THE BEST, GET THE BEST
GIVE THE BEST, GET THE BEST
Pengkhotbah 11:1-8
SURVEY dari majalah Time menyatakan bahwa 80% KARYAWAN di Amerika merasa KURANG DIHARGAI di TEMPAT KERJANYA.
KONDISI ini membuat mereka punya HUBUNGAN BURUK dengan ATASAN.
Karena merasa KURANG DIHARGAI di TEMPAT KERJANYA, seringkali mereka pun MEMILIH "MENYEMBUNYIKAN DIRI".
BUKAN secara HARFIAH, tapi secara KONTRIBUSI.
Mereka PASIF, JARANG ikut MEMBERI USUL atau BICARA saat rapat, BEKERJA HANYA MENUNGGU GAJI, dll.
Mereka pikir, UNTUK APA MEMBERI BANYAK KONTRIBUSI jika TIDAK PERNAH DIHARGAI?
PENGHARGAAN ini tidak selalu bicara tentang UANG.
Sering kali, PENGHARGAAN itu juga berupa PERHATIAN, PENGAKUAN, atau APRESIASI, terutama dari MANAJER atau PIMPINAN.
Coba ingat-ingat, jika DIBANDINGKAN, BERAPA BANYAK KRITIK atau TEGURAN kita SAMPAIKAN saat karyawan berbuat KESALAHAN DIBANDINGKAN PUJIAN atau APRESIASI ketika mereka MELAKUKAN yang BENAR atau yang MEMBERI MANFAAT?
BERAPA RASIO yang SEHAT?
Adrian Gostick dan Chester Elton menulis, SATU BANDING SATU pun KURANG!
SATU KRITIK dan SATU APRESIASI BELUM CUKUP untuk menciptakan ATMOSFER POSITIF di TEMPAT KERJA.
APRESIASI harus diberikan LEBIH BANYAK dari KRITIK karena itulah yang membuat karyawan MERASA DIHARGAI dan kemudian mau MEMBERIKAN KONTRIBUSI TERBAIKNYA.
BUKAN MENIADAKAN KRITIK dan TEGURAN, tapi PERBANYAKLAH SIKAP MENGHARGAI, PENGAKUAN, dan PERHATIAN atas HAL POSITIF yang mereka lakukan.
BIARLAH saat Anda MEMINTA karyawan ke RUANGAN Anda, PIKIRAN PERTAMA mereka tidak lagi "KESALAHAN APA yang sudah KULAKUKSAN"!
Jika ingin MENUAI yang BAIK dari KARYAWAN, TABURKAN juga HAL POSITIF kepada mereka.
Ini adalah HUKUM UNIVERSAL.
Tentu, ini BUKAN JAMINAN 100% untuk MENDAPATKAN yang TERBAIK dari KARYAWAN.
Tapi, ini adalah LANGKAH PALING SEDERHANA, MUDAH, dan akan MENGUBAH LINGKUNGAN KERJA kita.
Kita TIDAK RUGI apa-apa saat MEMBERI APRESIASI dan PUJIAN yang TULUS kepada KARYAWAN.
Kita justru bisa MENUAI SIKAP dan KINERJA POSITIF dari KARYAWAN.
Komentar
Posting Komentar