MENJUAL CERITA

 



MENJUAL CERITA

Kolose 4:6


Ketika MEMBELI MOBIL, misalnya. 


Kita akan MEMILIH MERK TERTENTU.


Setiap MEREK MOBIL bisa memiliki SPESIFIKASI BERBEDA.


KENAPA kita MEMBELI MOBIL MEREK atau TIPE INI dan BUKAN ITU, biasanya ada ALASAN CUKUP KUAT.


Apalagi jika kita MEMBELI BUKAN dengan UANG kita PRIBADI.


MEMBELI MOBIL untuk OPERASIONAL PERUSAHAAN, misalnya, tentu kita TIDAK BISA SEMBARANGAN MEMILIH dan berpikir toh semua sama-sama mobil.


Oleh karena itu, andaikan Anda seorang PENJUAL MOBIL yang membuat PENAWARAN ke STAF PURCHASING sebuah perusahaan, maka SATU HAL yang Anda harus bisa JELASKAN adalah: BAGAIMANA agar STAF tersebut bisa MENJELASKAN kepada ATASANNYA bahwa MOBIL yang Anda JUAL adalah yang TERBAIK untuk perusahaan.


Ini PENTING, karena:


1. Yang kita JUAL tentu adalah PRODUK yang punya SPESIFIKASI dan KUALITAS BERBEDA dibanding produk sejenis.


2. Kita MENJUAL kepada MANUSIA.


PEMBUAT KEPUTUSAN di perusahaan tetap adalah MANUSIA yang MEMILIKI SELERA, PERASAAN, dan IMAJINASI.


STAF PURCHASING hanyalah PERANTARA.


Maka, karena kita MENJUAL PRODUK kepada MANUSIA, kita juga harus bisa MENYAMPAIKAN "CERITA" tentang PRODUK KITA.


BUKANLAH sekadar MENJELASKAN FITUR (yang sudah ada di KATALOG atau BUKU MANUAL), JELASKAN PRODUK kita sebagai sebuah CERITA.


MISALNYA, CERITAKAN BAGAIMANA PRODUK Anda juga DIPAKAI BANYAK PERUSAHAAN BESAR, BAGAIMANA FITUR ini itu MENOLONG PENGGUNANYA, BAGAIMANA PRODUK Anda itu bisa MENINGKATKAN STATUS PENGENDARANYA, dsb.


Tentu ini TAK HANYA TENTANG MENJUAL MOBIL.


Jika Anda ingin BERHASIL MENJUAL PRODUK APAPUN kepada MANUSIA, HAL ini PENTING DILAKUKAN.


JANGAN BICARA seperti MESIN atau sekadar MENGIKUT TEMPLATE yang kita pakai sehari-hari. 


KESUNGGUHAN Anda untuk BERCERITA, MENDENGARKAN, dan MEMAHAMI KEBUTUHAN KONSUMEN, adalah SANGAT PENTING dan SANGAT KONSUMEN HARGAI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISA JADI BERHALA

MOMEN SEMPURNA

HUKUM SEBAB AKIBAT