EMPLOYEE FIRST

 



EMPLOYEE FIRST

Kolose 4:1


PELANGGAN adalah RAJA.


Demikian JARGON yang sering kita DENGAR.


Akan tetapi, Hal Rosenbluth (pengusaha travel agent) menulis buku berjudul: THE CUSTOMER COMES SECOND.


Jika KONSUMEN NOMOR DUA, lalu APA yang ada di POSISI PERTAMA?


PEKERJA!


NYATANYA, BANYAK PENGUSAHA seringkali MENEMPATKAN PEKERJA atau KARYAWAN di POSISI KE SEKIAN.


Philip Kotler mengatakan, MENEMPATKAN PEKERJA sebagai FOKUS PERTAMA kita SANGAT PENTING, apalagi untuk USAHA JASA.


Bayangkan, RESEPSIONIS HOTEL yang selalu CEMBERUT, WAITER yang tampak BOSAN, CUSTOMER SERVICE yang JAWABANNYA hanya seperti TEMPLATE, dsb.


Kita sendiri TIDAK SUKA DILAYANI PEKERJA SEPERTI ITU.


Anita Roddick, pendiri Body Shop menambahkan: "ORANG-ORANG (alias PEKERJA) KAMI adalah KONSUMEN PERTAMA KAMI."


Sementara Walt Disney mengatakan, "Anda TAK AKAN MEMILIKI HUBUNGAN BAIK dengan KONSUMEN jika HUBUNGAN Anda dengan KARYAWAN TIDAK BAIK." 


FAKTANYA, kita akan SULIT mendapatkan TALENTA-TALENTA TERBAIK jika PERUSAHAAN kita hanya memberi GAJI KECIL, FASILITAS KURANG, TEKANAN KERJA BERAT, SUASANA KERJA TIDAK NYAMAN, dsb.


GAJI hanya SALAH SATU ASPEK saja.


PERUSAHAAN dengan GAJI TINGGI pun TAK SELALU MENGHASILKAN KARYAWAN TERBAIK.


Ada banyak HAL LAIN yang juga MENENTUKAN, dan itu AMAT DIPENGARUHI NILAI-NILAI UTAMA yang DIBAWA oleh PERUSAHAAN.


Jika NILAI UTAMA PERUSAHAAN adalah:


- KREATIVITAS, MENCIPTAKAN SUASANA KERJA yang MERANGSANG KREATIVITAS adalah WAJIB.


- KEGEMBIRAAN, AMAT IRONIS jika PEKERJANYA justru STRES karena tekanan di tempat kerja.


- KUALITAS dan PROFESIONALISME, sudah semestinya PERUSAHAAN juga MEMBERI KUALITAS dan BERSIKAP PROFESIONAL dalam MEMPERLAKUKAN PEKERJANYA.


ALKITAB MEMPERINGATKAN PARA MAJIKAN agar berlaku ADIL dan JUJUR kepada KARYAWANNYA.


ADIL artinya kita harus FAIR dan MENGHARGAI sesuai KONTRIBUSI dan HAKNYA.


JUJUR artinya TIDAK MENCURANGI, INGKAR JANJI, MEMANIPULASI atau MENGEKSPLOITASI KARYAWAN demi KEUNTUNGAN SEPIHAK.


KARYAWAN yang BAHAGIA akan MELAHIRKAN HASIL KERJA yang membuat PERUSAHAAN BAHAGIA.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISA JADI BERHALA

MOMEN SEMPURNA

HUKUM SEBAB AKIBAT