CUSTOMER SATISFACTION
CUSTOMER SATISFACTION
Matius 7:12-14
Salah satu KUNCI KEBERHASILAN Jeff Bezos dalam mengembangkan perusahaan ritel raksasa Amazon yg dipimpinnya adalah; ia tidak pernah lupa MEMERHATIKAN faktor KEPUASAN PELANGGAN.
Meskipun memiliki RATUSAN RIBU KARYAWAN, terkadang Bezos masih MENYEMPATKAN DIRI untuk MENGECEK email perusahaan yg berisi KELUHAN dari para pelanggannya.
Hal ini menurutnya SANGAT PENTING karena ia melihat pelanggan IBARAT TAMU yg DIUNDANG ke sebuah PESTA dan perusahaannya sebagai TUAN RUMAH.
Maka, sudah seharusnya ia MENJAMU TAMUNYA dengan SANGAT BAIK.
Bezos berpikir bahwa pelanggan selalu berada SELANGKAH DI DEPANNYA, sehingga bila ia bisa MENJAWAB KELUHAN dan KEBUTUHAN mereka, tentu ia akan mendapatkan KESETIAAN mereka.
Pada dasarnya semua orang berharap mendapatkan PERLAKUAN yg BAIK dari orang lain; DIHARGAI, DIHORMATI, DIDENGAR, DIPERHATIKAN dsb.
“Segala sesuatu yg kita KEHENDAKI supaya orang lain PERBUAT kepada KITA, haruslah kita PERBUAT TERLEBIH DULU kepada MEREKA” (Mat 7:12a).
Dengan kata lain, bila ingin DIHARGAI ORANG LAIN, belajarlah MENGHARGAI ORANG LAIN.
Bila ingin DIPERHATIKAN, belajarlah untuk MEMERHATIKAN.
Bila ingin DIPERLAKUKAN dengan RAMAH oleh orang lain, belajarlah BERLAKU RAMAH terhadap mereka.
Bila kita ingin orang lain TIDAK INGKAR terhadap JANJINYA, maka kita pun harus belajar MENEPATI JANJI.
Sebagai konsumen, tentu kita TIDAK INGIN MEMPEROLEH JANJI-JANJI PALSU saat membeli suatu produk, PELAYANAN TIDAK RAMAH, atau BARANG TIDAK BERKUALITAS.
Hal yg SAMA juga DIINGINKAN oleh pelanggan kita.
Bila kita dapat MEMBANGUN POLA BISNIS yg BERTANGGUNG JAWAB dan BERORIENTASI kepada PELANGGAN, yaitu menjaga kualitas pelayanan, kualitas produk, dan memberi nilai tambah untuk setiap harga yg mereka bayarkan, cepat atau lambat akan BANYAK ORANG akan MENDATANGI TEMPAT USAHA kita dan menjadi PELANGGAN SETIA kita.
Komentar
Posting Komentar