SEDIKIT SAJA
SEDIKIT SAJA
Matius 5:40-42
Seorang pemilik rumah makan memutuskan MENGURANGI PORSI NASI untuk sajian menunya, hanya SATU SENDOK saja.
Pembeli TAK AKAN MENYADARINYA tapi jika dalam sehari ia MENJUAL 1000 menu, maka 1000 sendok nasi adalah PENGHEMATAN yang LUMAYAN.
Suatu jaringan supermarket memutuskan MEMAKAI PEKERJA yang mau DIGAJI 100 ribu LEBIH SEDIKIT.
Yang MAU BEKERJA juga SEDIKIT KURANG TERLATIH, SEDIKIT KURANG RAMAH, SEDIKIT KURANG TELITI dan BERPENGALAMAN, dll.
Tapi, jika mereka punya 10 RIBU PEKERJA, itu PENGHEMATAN CUKUP BESAR.
Sebuah perusahaan mobil ingin MENGHEMAT dengan MENGGANTI SATU BAUT dengan yang LEBIH MURAH.
Tapi jika yang DIPRODUKSI adalah RATUSAN RIBU MOBIL per tahun, itu akan CUKUP BANYAK MENGHEMAT BIAYA, BUKAN?
SEDIKIT PENGHEMATAN TAK AKAN MENARIK PERHATIAN, BUKAN?
Toh pembeli juga TIDAK AKAN BERPENGARUH atau MERASAKAN.
Tapi, akan ada MASA ketika "PENGHEMATAN" itu membuat PELANGGAN TAK PUAS karena TIDAK KENYANG, KESAL dengan PELAYANANNYA, bahkan itu mungkin bisa membuat PELANGGAN CELAKA.
Hal-hal itu pun memberi CITRA BURUK bagi sebuah PERUSAHAAN.
Padahal, di MASA KOMPETISI seperti sekarang, yang TERJADI JUSTRU SEBALIKNYA.
BUKAN SEDIKIT PENGURANGAN ataupun SEDIKIT PENGHEMATAN, tapi justru SEDIKIT PENINGKATANLAH yang akan MEMENANGKAN PERSAINGAN.
Benar, KONDISI memang sedang TIDAK MUDAH.
KENAIKAN HARGA mengharuskan kita melakukan EFISIENSI.
Tapi, PENINGKATAN tak hanya soal MENAIKKAN COST, tapi bisa berupa PENINGKATAN LAYANAN, PENGALAMAN yang didapat konsumen, hingga BONUS, GIMMICK atau HAL-HAL yang KECIL tapi BERKESAN.
SEDIKIT HEMAT tapi berujung PENURUNAN PENJUALAN, bahkan CITRA BURUK PERUSAHAAN, APAKAH itu LAYAK?
COBA kita BALIK MINDSET kita.
Benar, SEDIKIT PENINGKATAN, SEDIKIT MIL EKSTRA, bisa jadi memang SEDIKIT MELELAHKAN atau SEDIKIT MENAMBAH PENGELUARAN.
Namun, jika hal itu bisa MENINGKATKAN PENJUALAN dan MELEJITKAN CITRA PERUSAHAAN, BUKANKAH itu LAYAK DILAKUKAN?
Komentar
Posting Komentar