PERTANYAAN & BUJUKAN
PERTANYAAN & BUJUKAN
Yakobus 1:19
Saat Anda sedang JALAN-JALAN di MAL.
SITUASI PERTAMA: Tiba-tiba seseorang BERTANYA di mana LETAK ESKALATOR.
AKANKAH Anda MENJAWABNYA?
Kemungkinan IYA.
BAGAIMANA jika seorang ibu DATANG dan BERTANYA APAKAH Anda MELIHAT ANAK dengan CIRI A, B, C karena ia TERPISAH dengan ANAKNYA jtu?
Mungkin Anda TAK HANYA MEMBERI JAWABAN, tapi juga IKUT MEMBANTU MENCARI.
SITUASI KEDUA: Seseorang BERTANYA, APAKAH Anda sudah MEMILIKI KARTU KREDIT bank X.
APAKAH Anda mau MENCOBA KURSI PIJAT?
Meski SAMA-SAMA PERTANYAAN, kita PAHAM dia seorang SALES dan PERTANYAAN itu hanyalah PEMBUKA untuk MENAWARKAN PRODUK yang DIJUALNYA.
Maka, kita mungkin LEBIH BANYAK MENOLAK atau TIDAK TERTARIK untuk TERLIBAT PERCAKAPAN LEBIH JAUH dengannya.
Kebanyakan kita TAK SUKA DIBUJUK, tapi akan LEBIH TERBUKA jika DITANYA.
BUJUKAN artinya kita DIDORONG MELAKUKAN SESUATU yang (pada awalnya) TIDAK MAU kita LAKUKAN.
Sementara saat DITANYA, kita akan IKUT BERKONTRIBUSI.
Bahkan bisa jadi JAWABAN kita bisa MENGUBAH SI PENANYA.
Dalam MENJUAL, kita perlu DUA HAL ini: MEMBUJUK dan BERTANYA.
Kita semua tahu pentingnya MEMBUJUK dan MEMPERSUASI para PEMBELI dan CALON PEMBELI.
TANPA KEMAMPUAN MEMBUJUK, maka SULIT untuk PRODUK kita LAKU.
Namun, kita juga perlu BERTANYA.
Dan ini SANGAT BEDA dengan MEMBUJUK.
Saat kita sudah punya SATU TUJUAN tertentu di kepala kita, itu namanya MEMBUJUK.
Meski kita MENGAWALINYA dengan PERTANYAAN, tapi itu hanya untuk MENGAWALI INTERAKSI saja.
Sementara saat kita BERTANYA, maka kita benar- benar BERSEDIA untuk BELAJAR bahkan MENGUBAH CARA PANDANG kita.
Dalam MENJUAL, kita BUTUH BERTANYA karena kita perlu MENGETAHUI dan MEMAHAMI APA yang DIBUTUHKAN masyarakat serta konsumen kita.
Konsumen pun akan SANGAT MENGHARGAI jika PENDAPAT mereka DIDENGARKAN.
Namun, jika Anda hanya bisa MEMBUJUK dan MEMBUJUK, lama kelamaan konsumen akan merasa DIEKSPLOITASI.
Jika kita TAK MAU MENDENGARKAN, maka itu adalah KEBODOHAN kita (Amsal 18:13)
Komentar
Posting Komentar