TELADAN PEMIMPIN



TELADAN PEMIMPIN
Yosua 24:15-28

KUALITAS seorang PEMIMPIN akan dijadikan TELADAN oleh para pengikutnya.

Seorang PEMIMPIN yg suka BEKERJA KERAS tentunya akan menjadikan para PENGIKUTNYA TERPENGARUH untuk BEKERJA KERAS.

PEMIMPIN yg mampu menunjukkan INTEGRITASNYA akan membuat para PENGIKUTNYA belajar HIDUP dalam INTEGRITAS.

Sebaliknya, PEMIMPIN yg suka banyak ALASAN, sering OBRAL JANJI tanpa pernah menepati, MALAS, dan TIDAK BERANI mengambil RISIKO, maka ia sesungguhnya sedang MELEMAHKAN BUDAYA KERJA KERAS kepada setiap PENGIKUTNYA.

KARAKTER Yosua sebagai seorang PEMIMPIN yg begitu DIHORMATI, tidak lepas dari KETELADANAN HIDUP Musa yg telah diikutinya sejak masa mudanya.

Yosua BELAJAR bagaimana hidup BEKERJA KERAS, TEGAS, RENDAH HATI, TIDAK MUDAH PATAH HATI saat tantangan datang, dan TUNDUK kepada FIRMAN TUHAN, semua itu DITELADANINYA dari Musa.

PIDATO yg diperdengarkan Yosua dan KEBERANIANNYA menantang orang-orang Israel untuk MEMILIH kepada siapa mereka akan BERIBADAH menunjukkan KUALITAS KEPEMIMPINANNYA yg TEGUH dan TIDAK TERGOYAHKAN oleh godaan-godaan apapun.

“Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan BERIBADAH kepada TUHAN!” kata Yosua.

KEPUTUSAN Yosua ini DIIKUTI oleh orang-orang Israel untuk memilih BERIBADAH kepada TUHAN.

Seorang PEMIMPIN mestinya TIDAK HANYA mampu menunjukkan KUALITAS KEPEMIMPINAN yg BAIK tapi ia DITUNTUT untuk dapat menjadi TELADAN HIDUP yg BAIK.

APA yg ditunjukkan seorang PEMIMPIN tiap hari memberi PENGARUH yg BESAR kepada setiap orang yg MENGIKUTINYA, BAIK ataupun BURUK.

Seandainya saja seorang PEMIMPIN itu MENYADARI bahwa ia dilahirkan untuk BEKERJA KERAS, mampu mencurahkan PERHATIAN dan berperilaku PRODUKTIF, BERMENTAL PEMENANG dan SIAP MENDERITA untuk menaklukkan TANTANGAN dengan INTEGRITAS TINGGI, PEMIMPIN seperti itu sedang menyalurkan ENERGI POSITIF serta membangun BUDAYA KERJA yg BERKUALITAS, BERINTEGRITAS, dan POSITIF.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OMBAK DAN SELANCAR

BERPIKIR KRITIS

MELADENI PERBANTAHAN?